Audiensi dengan Forum Mahasiswa dan Pemuda Galuh Tabbayun

 Audiensi dengan Forum Mahasiswa dan  Pemuda Galuh Tabbayun

Pada tanggal 29 September telah dilakukan Audensi Antara Forum Mahasiswa dan Pemuda Galuh Tabbayun dan Disdukcapil Kabupaten Ciamis

NOTULEN

AUDIENSI                : FORUM MAHASISWA DAN PEMUDA GALUH TABAYYUN DAN DISDUKCAPIL KAB. CIAMIS

HARI/TANGGAL     : SELASA, 29 SEPTEMBER 2020

WAKTU                     : PUKUL 11.26 WIB s/d Selesai

TEMPAT                     : AULA DISDUKCAPIL KAB. CIAMIS

DIHADIRI :

  1. ASN DISDUKCAPIL Kab. Ciamis
  2. Elan Suherlan (Sekretaris)
  3. Didin Hardisuryaman ( Kepala Bidang PIAK)
  4. Susi Mauludayani (Kepala Bidang DAFDUK)
  5. Achmad Gozali (Kasi Kasi Perkawinan, Perceraian, Perubahan Status Anak dan Perwarganegaraan)
  6. Ratih Nurfarida (Kasi Kelahiran dan Kematian)
  • Forum Mahasiswa dan Pemuda Galuh Tabayyun
    • Ade Apipudin
    • Fauzi
    • Herdi
    • Jatnika
  • Maksud dan Tujuan
  • Memfasilitasi pengaduan masyarakat dalam pelayanan
  • Mengkritisi untuk perbaikan pelayanan

Masalah I

  1. Ada berkas pendaftaran akta yang dikembalikan dari desa setelah mengendap kurang lebih 6 (enam) bulan. Bisakah pembuatan akta kelahiran dikuasakan?;
  2. Daftar akta lahir via WA (WhatsApp), tapi masih ceklist satu;
  3. Adanya akta yang diduga palsu di desa cilengsir kecamatan rancah;
  4. Dimohon dapat ditentukan pembuatan dokumen kependudukan yang difasilitasi oleh desa.

Masalah II

  1. Pembuatan KTP el berapa hari untuk penduduk pemula dan perubahan biodata, kalau melalui kecamatan berapa hari;
  2. Pelayanan diharapkan tetap ramah dan memiliki etika.

Masalah III

  1. Untuk pendaftaran penduduk khususnya konsolidasi nomor-nomor konsolidasi dianggap fiktip sehingga membingungkan masyarakat. Anggapan darimana? Dibuat 1 (satu) call center;
  2. Ada beberapa data penduduk di desa baregbeg yang berbeda nama desa di perbankan, NIB, BPJS. Ada pula NIK yang tidak terdaftar di sistem perbankan;
  3. Ada pegawai yang masuk istirahat pukul 13.30 WIB;
  4. Perubahan nomor Kartu Keluarga lama menjadi nomor Kartu Keluarga baru.

Tanggapan :

  1. Sekretaris Dinas
    • Dinas berusaha melaksanakan pelayanan sebaik mungkin memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap dokumen kependudukan;
    • Kalau ada informasi mengenai calo, diharapkan dapat dilaporkan ke dinas untuk ditindaklanjut sesuai ketentuan yang berlaku disertai bukti pendukung;
    • Pelayanan administrasi kependudukan tidak dipungut biaya/gratis dan diharapkan penduduk mengurus sendiri tidak menyuruh orang lain;
    • Untuk percepatan pelayanan, khususnya penyampaian dokumen kependudukan, dinas telah bekerja sama dengan PT POS Indonesia untuk mendistribusikan dokumen kependudukan yang telah dicetak kepada masyarakat;
    • Untuk nomor -nomor pelayanan yang berubah disebabkan teknis keterlambatan inject sehingga sudah habis masa aktif dan masa tenggang. Sehingga pilihannya harus ganti nomor.
  2. Bidang Capil
    • Dijelaskan mengenai persyaratan pembuatan akta kelahiran, seperti formulir yang perlu diisi penduduk, fotocopy ktp orang tua, fotocoy surat nikah, foto copy ktp dua orang saksi, asli surat keterangan kelahiran dari bidan atau penolong kelahiran lainnya;
    • Pembuataan akta kelahiran tidak bia diwakilkan atau dikuasakan karena ada dokumen atau register yang harus ditandatangani oleh pelapor;
    • Pelapor dalam permohonan akta kelahiran adalah kepala keluarga dimana yang akan membuat akta kelahiran tercatat dalam Kartu Keluarga.
  3. Bidang Dafduk
    • Standar Operasional Prosedur pembuatan Kartu tanda Penduduk Elektronik selama 14 hari, baik bagi pemula maupun yang mengalami perubahan biodata penduduk;
    • Salah satu kendala yang umum terjadi dalam pembuatan KTP el, selain keterbatasan blanko KTP el, jaringan juga terkadang hasil perekaman tidak sepenuhnya memuat biodata penduduk sehingga terjadi biometric;
    • Keberadaan operator di kecamatan adalah untuk membantu masyarakat, lebih mendekatkan pelayanan supaya penduduk tidak harus ke dinas.
  4. Bidang PIAK
    • Pelayanan harus responsive, ketika ada penduduk yang mengajukan permohonan, keluhan atau pengaduan lewat WA harus secepatnya direspon, demikian pula perlu dijaga keramahan dan etika dalam melaksanakan pelayanan;
    • Mengenai perbedaan data penduduk pada berbasis system pengguna sperti NIB, perbankan, BPJS dan lainnya disebabkan antara lain system yang digunakan kemendagri masih distribusi belum sepeunuhnya online sehingga perlu proses manual dari disdukcapil ke Kemendagri;

0 Reviews

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *